SELAMAT DATANG DI BLOG KOREM 152/BABULLAH

TMMD HALBAR KEMBANGKAN DAYA SAING MASYARAKAT DENGAN EKONOMI KREATIF

Posted by Korem 152 Baabullah 7/27/2017 0 komentar
   
Satgas TMMD memberi praktek pembuatan minyak kelapa
     Jailolo (27/07), Dipenghujung kegiatan TMMD yang akan segera berakhir pada beberapa hari mendatang, untuk mengisi waktu para Satgas TMMD mempraktekkan cara memproduksi minyak kelapa secara tradisional kepada masyarakat Desa Tacim Kec. Sahu Kab. Halmahera Barat.

     Setelah seluruh pekerjaan pembangunan sasaran fisik maupun non fisik di Desa Tacim selesai, untuk memanfaatkan waktu yang ada para personel Satgas TMMD 99 mempraktekkan cara membuat minyak kelapa tradisional dengan melibatkan masyarakat setempat, dimulai dengan proses pemisahan daging kelapa dari sabut dan cangkang kelapa, kemudian proses pemarutan dan pemasakkan hingga pemisahan minyak kelapa murni dengan ampas, seluruhnya dilaksanakan secara bersama-sama dengan masyarakat, meskipun sebagian warga masyarakat khususnya para tetua sudah familiar dengan proses tersebut namun ternyata masih banyak anak muda yang sama sekali tidak mengetahui proses pembuatan minyak kelapa tersebut sehingga perlu dilatihkan cara untuk membuat minyak kelapa tradisional yang juga kedepan akan dipergunakan untuk proses memasak pada saat acara penutupan kegiatan TMMD ke-99 tersebut.

     Sementara itu dalam keterangannya Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan alternatif dari sasaran non fisik yaitu menghidupkan kembali tradisi temurun tentang cara pembuatan minyak kelapa tradisional, karena selama ini masyarakat sudah terbiasa hanya menjual kelapa dalam bentuk kopra padahal apabila mau lebih kreatif mengolah hingga menjadi minyak goreng tentunya akan lebih memiliki nilai ekonomis yang lebih menguntungkan dan dapat menambah pundi-pundi perekonomian masyarakat. (Penrem 152)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: TMMD HALBAR KEMBANGKAN DAYA SAING MASYARAKAT DENGAN EKONOMI KREATIF
Ditulis oleh Korem 152 Baabullah
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://wartakorem152.blogspot.com/2017/07/tmmd-halbar-kembangkan-daya-saing.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

EMAIL WARTA BABULLAH | Copyright of WARTA BAABULLAH.