SELAMAT DATANG DI BLOG KOREM 152/BABULLAH

SINERGITAS MEDIA MASSA DAN SATKOWIL GUNA MENINGKATKAN PEMBINAAN TERITORIAL

Posted by Korem 152 Baabullah 11/23/2014 0 komentar
     Sejalan dengan kebebasan pers  dengan landasan yuridis Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dimana Kedua Undang-Undang tersebut menetapkan bahwa kebebasan pers  merupakan salah satu kedaulatan rakyat serta hak masyarakat untuk memperoleh informasi  serta komunikasi guna memenuhi kebutuhan hakiki dan meningkatkan kualitas hidup. Sehingga dewasa ini media massa merupakan suatu wahana publik     yang menjadi primadona dan  banyak diperebutkan    oleh setiap elemen bangsa dan lembaga-lembaga negara serta pihak swasta,termasuk TNI AD untuk dapat mempublikasikan setiap kegiatan kepada masyarakat luas sehingga  memperoleh dampak positif dari publikasi tersebut tentunya untuk membantu pembentukan opini publik sehingga dapat meningkatkan citra positif satuan.
     Berbicara mengenai citra hal ini tidak bisa lepas dari berbagai persoalan yang menjadi perhatian publik . Pemikiran dan pendapat yang berkembang dalam masyarakat inilah yang disebut opini sedangkan publik merupakan sekelompok orang yang mempunyai perhatian, kepentingan dan minat pada suatu hal yang sama sehingga membentuk suatu opini publik atau pendapat umum. Kita tahu melalui sebuah berita,ulasan atau tayangan dapat menciptakan citra positif organisasi atau institusi sehingga untuk membangun hal tersebut perlu dilakukan pemberitaan yang cepat dan terus menerus serta dilakukan dengan  frekwensi yang banyak.

     Dengan melihat kondisi yang ada maka merupakan peluang yang harus dimanfaatkan untuk penyebarluasan informasi satuan baik bagi kalangan sendiri maupun ke masyarakat luas. Ada hubungan yang saling sinergis antara TNI AD dan media massa dalam hal ini  Korem 152/Babullah dan media massa yang berada di Maluku Utara, kami membutuhkan ruang publik dan media massa membutuhkan berita atau informasi guna disampaikan ke masyarakat. Agar tetap tercipta serta terpelihara hubungan tersebut perlu peningkatan kerjasama antara komunitas penerangan dengan media massa dengan cara memberikan informasi yang aktual,mengadakan kunjungan ke instansi media guna mempererat silaturahmi,coffe morning dengan wartawan,olah raga bersama wartawan,melibatkan para jurnalis untuk meliput setiap kegiatan Korem 152/Babullah dan jajaran khususnya yang bersifat strategis serta menjalin kemitraan dengan insan pers dengan mengedepankan hubungan personal secara non formal. Hal ini harus dilakukan dihadapkan dengan tantangan tugas TNI AD  yang semakin kompleks sebagai garda terdepan dalam menegakkan kedaulatan, menjaga keutuhan wilayah dan melindungi segenap tumpah darah Indonesia.

     Korem 152/Babullah sebagai Satuan Komando Kewilayahan/Satkowil yang  merupakan bagian dari TNI AD yang mempunyai tugas melaksanakan pembinaan teritorial  di Wilayah Maluku Utara yang merupakan daerah kepulauan dengan dislokasi pasukan tersebar diseluruh pelosok Maluku Utara maka pemanfaatan media massa sangatlah penting apalagi pada era kemajuan teknologi saat ini yang menempatkan media sebagai  amplifier atas informasi. Amplifikasinya berlipat-lipat karena kemajuan teknologi Triple M (multimedia,multi-chanels dan multiplatform) dengan Triple M, informasi dapat disampaikan serempak,seketika,real time,dengan jangkauan yang sangat luas.(menurut Rikard Bagun/Kompas) dengan pengertian media massa  dapat meningkatkan gaung atau dampak  terhadap suatu  informasi ,serta kecepatan penyampaian informasi dan jangkauan yang sangat luas sehingga informasi tersebut dapat diakses oleh seluruh anggota yang tersebar diseluruh wilayah Maluku Utara serta masyarakat umum. 

     Ada pepatah mengatakan “ Tak Kenal Maka Tak Sayang” pepatah ini mungkin masih sangat relevan, kami  yakin  masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang kegiatan pengamanan wilayah , operasional dan latihan maupun pembinaan teritorial yang mencakup kegiatan sosial kemasyarakatan  dan penanaman cinta tanah serta wawasan kebangsaan yang semuanya akan bermuara untuk membentuk ketahanan nasional  yang dilakukan oleh Korem 152/Babullah dan jajarannya. Sangatlah efektif dan efisien pemanfaatan media massa untuk penyebaran informasi kegiatan yang dilakukan oleh Korem 152/Babullah, adapun  berita dapat berbentuk teks, foto,multimedia yang dapat ditransformasikan melalui media cetak, elektronik dan online. Pengaruh kemajuan teknologi dan komunikasi menjadikan dislokasi yang jauh menjadi dekat hal ini terjadi seiring dengan perubahan persepsi ruang dan waktu. Walaupun kemajuan teknologi komunikasi sangat pesat  serta era keterbukaan informasi saat ini dimana semua informasi merupakan hak masyarakat umum untuk mengetahuinya namun prinsip dalam pemberitaan  baik itu etika, akurasi dan keseimbangan informasi harus tetap dijaga sehingga kebenaran dan isi berita lebih ditekankan dibanding dengan sensasi, berita atau informasi yang disampaikan ke masyarakat harus bermartabat tanpa mengurangi isi dan kebenaran informasi tersebut,apalagi informasi yang diberitakan  berkaitan dengan institusi TNI AD maka seyogyanya dengan semangat keterbukaan namun tetap perlu melakukan  konfirmasi, cross chek dan koordinasi  ke satuan terkait, dengan mempertimbangkan dampak dan relevansi informasi tersebut, sehingga sinergitas hubungan dapat tercipta dengan memahami serta menghargai tugas tanpa mengedepankan ego sentris masing-masing.

     Akhirnya dengan berbekal semangat marimoi ngone futuru kami mempunyai komitmen untuk bersinergi dan berkoordinasi  dengan media massa guna mentransformasikan informasi tentang Korem 152/Babullah dan jajaran  kepada masyarakat umum yang merupakan suatu hak publik untuk mengetahuinya sehingga akan terwujud kehidupan masyarakat Maluku Utara  yang  sejahtera dan bermartabat dan Satuan kamipun akan semakin dikenal dan disayangi oleh rakyat Moeluku Kieraha dan hal ini merupakan salah satu indikator keberhasilan dari pembinaan teritorial yang dilakukan oleh Satuan Komando Kewilayahan .(Mayor inf. Anang Setyoadi/Kapenrem152/Bbl)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: SINERGITAS MEDIA MASSA DAN SATKOWIL GUNA MENINGKATKAN PEMBINAAN TERITORIAL
Ditulis oleh Korem 152 Baabullah
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://wartakorem152.blogspot.com/2014/11/sinergitas-media-massa-dan-satkowil_22.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

EMAIL WARTA BABULLAH | Copyright of WARTA BAABULLAH.