SELAMAT DATANG DI BLOG KOREM 152/BABULLAH

MELALUI PEMBINAAN MITRA KARIB DAPAT MENDUKUNG TUGAS POKOK KODIM 1508/TOBELO

Posted by Korem 152 Baabullah 5/12/2014 0 komentar


Pemberdayaan Wilayah Pertahanan melalui Pembinaan Teritorial senantiasa mengedepankan keterpaduan, kebersamaan dan kesinambungan serta sesuai dengan implementasi Binter kedepan yang dilaksanakan seluruh komponen bangsa sesuai fungsi dan tugas masing-masing. Untuk mensinergikan fungsi dan tugas tersebut perlu adanya Satuan Komando Kewilayahan yang handal dari tingkat Kodam sampai dengan tingkat Koramil yang berinteraksi langsung dengan masyarakat dan segenap komponen bangsa dalam mewujudkan terselenggaranya sistem pertahanan.


Dalam menjalankan tugas Pemberdayaan Wilayah Pertahanan di darat dilaksanakan melalui Pembinaan Teritorial. Tugas Kodim 1508/Tobelo dalam melaksanakan dan selaku Pembinaan Teritorial, UO Mabes TNI di wilayah Provinsi Maluku Utara, merupakan penjabaran tugas pokok Korem 152/Babullah selalu berupaya melaksanakan berbagai kegiatan baik kedalam maupun keluar. Pembinaan kedalam diorientasikan untuk melaksanakan pemantapan dalam tubuh organisasi baik secara kualitatif maupun kuantitatif dan pembinaan keluar mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat. Dalam pelaksanaan mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, Kodim 1508/Tobelo bisa diwujudkan secara fisik maupun non fisik;  dalam kesempatan ini pembinaan non fisik yang dilakukan salah satunya adalah melalui pembentukan Mitra Karib yang ada di wilayah binaan jajaran Kodim 1508/Tobelo.  Tujuan dari pembentukan Mitra Karib ini adalah menunjang dalam hal pembinaan territorial khususnya bidang keamanan wilayah; pemahaman akan norma kehidupan berbangsa dan bernegara selalu ditekankan kepada Mitra, melalui ceramah, sosialaisasi serta dialog yang diadakan secara rutin dijajaran Kodim 1508/Tobelo setiap bulannya.

Memang perlu dipahami bahwa Mitra ini dibentuk atas dasar kesadaran masyarakat yang ingin membantu tugas TNI AD dalam melakukan tugas pokoknya serta profesi dari tiap-tiap Mitra yang berbeda-beda dari : Nelayan, Tukang Ojek, Tukang Bangunan, Pedagang, Pengusaha, PNS, Buruh, Tukang Bentor, Supir Taksi bahkan Penggangguran. Domisili Mitrapun tersebar diseluruh Desa yang ada di wilayah jajaran  Kodim 1508/Tobelo.


Berangkat dari Mitra yang dimiliki setiap Babinsa/personel Kodim 1508/Tobelo yang dirasa pantas sesuai kategori sebagai Mitra, sehingga potensi SDM ini perlu diakomodir melalui wadah yang resmi dan diketahui oleh pihak-pihak yang terkait dari non TNI AD seperti : Kepolisian, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Pemerintahan maupun masyarakat luas. Sehingga keberadaan Mitra Karib juga diakui serta bisa dijadikan panutan. Pelantikan/perekrutan Mitra Karib tidak hanya kelegalitasan saja yang ditonjolkan tetapi menurut Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf Triwahyu Mutaqin Akbar perlu adanya tanda pengenal khusus; seperti Topi dan Kartu Tanda Anggota, sehingga kerawanan kedepan dapat diminimalisir. Sebagai contoh dengan status masyarakat sebagai Mitra Karib mereka akan menahan perilaku yang menyimpang maupun melanggar Hukum dan berupaya dapat menjadi panutan warga lain. Nota Bene wilayah Kodim 1508/Tobelo ini rawan akan peredaran maupun budaya minum-minuman keras, dengan demikian seorang warga yang dulunya suka/gemar dengan kebiasaan tersebut bisa mengurangi bahkan berhenti aksinya  dalam mengkonsumsi Miras, karena disetiap kesempatan kegiatan silahturami selalu ditekankan oleh para Pembina Mitra Karib untuk tidak mengkonsumsi Miras, karena segala pokok permasalahan keributan/perkelahian yang terjadi di wilayah Kodim 1508/Tobelo berawal maupun bersumber dari aksi Miras. Disamping itu kepedulian terhadap lingkungan juga selalu ditekankan; seperti menonjolkan musyawarah dalam menyelesaikan suatu permasalahan; sehingga pangkal kasus keributan dimasyarakat bisa diminimalisir.

Dengan keberadaan Mitra Karib Kodim 1508/Tobelo yang tersebar diseluruh wilayah binaan Kodim 1508/Tobelo diarahkan juga sebagai pengumpul keterangan, selama ini dengan beberapa kejadian di masyarakat informasi dapat diperoleh dengan cepat. Sebagai contoh keberadaanorang asing yang menginap disuatu daerah dapat segera diketahui maksud dan tujuannya sehingga pencegahan terhadap bahaya teroris dapat dicegah sedini mungkin. Dengan teknologi yang sekarang sudah maju cukup melalui SMS/Telpon para Mitra Karib bisa melaporkan kepada Dansat dijajaran Kodim 1508/Tobelo apabila terjadi hal-hal yang menonjol serta mengganggu keamanan wilayah; selain berupaya melatih pelaporan yang hampir mirip dengan format yang dilakukan oleh para Bapulket dari personel TNI  (Siabidibame), diakhir setiap laporan yang dibuat oleh Mitra Karib Dandim 1508/Tobelo memerintahkan dan menekankan untuk memberikan/mencantumkan kata Sandi yang telah disepakati, sehingga jajaran bisa mengetahui asal muasal serta keabsahan dari pelaporan tersebut untuk segera diambil langkah dan tindakan.


Kegiatan Mitra Karib jajaran Kodim 1508/Tobelo tidak hanya diperankan sebagai pengumpul keterangan saja, melainkan diprogramkan serta diarahkan untuk memback up pembinaan territorial, seperti karya bhakti dan ketahanan pangan. Melalui program-program ini silahturahmi yang dijalin antar TNI AD dengan masyarakat akan lebih terasa dan bermanfaat, sehingga hubungan ini bisa berkepanjangan serta bermanfaat bagi pihak yang terlibat, khususnya masyarakat dan wilayah Kodim 1508/Tobelo. Selain itu kedepan kegiatan-kegiatan yang mendukung program pembinaan Mitra Karib akan terus dikembangkan serta bervariatif dan menarik, sehingga salah satu harapan “TNI Kuat Bersama Rakyat” dapat terealisasikan di wilayah Kodim 1508/Tobelo dan upaya salah satu Bin ter dalam membentuk pertahanan wilayah disektor darat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: MELALUI PEMBINAAN MITRA KARIB DAPAT MENDUKUNG TUGAS POKOK KODIM 1508/TOBELO
Ditulis oleh Korem 152 Baabullah
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://wartakorem152.blogspot.com/2014/05/melalui-pembinaan-mitra-karib-dapat.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

EMAIL WARTA BABULLAH | Copyright of WARTA BAABULLAH.